Minggu, 04 Agustus 2013

Sejarah Manchester City

Sportsbet8.com
Manchester City Football Club (dikenal pula sebagai Man City atau The Citizens) adalah sebuah klub sepak bola profesional dari Inggris yang bermain di Liga Premier Inggris. Klub ini adalah klub sekota dengan Manchester United dan bermarkas di Stadion Etihad, Manchester.


Biodata
Nama lengkap  : Manchester City Football Club
Julukan  :   City, The Citizens, The Sky Blues
Berdiri  : November 1880 dengan nama St Mark's (West Gorton), tahun 1887 berganti menjadi Ardwick A.F.C dan pada tahun 1894 menjadi Manchester City F.C
Stadion  : Etihad, Manchester (Kapasitas: 48.000)
Alamat  : Rowsley St., M11 3FF England
Ketua  : Khaldoon Al Mubarak
Situs Lesmi : http://www.mcfc.co.uk


Didirikan dengan nama awal St. Mark's (West Gorton) pada 1880 oleh Anna Connell serta dua pengurus gereja St. Mark's, klub pindah ke timur kota Manchester Pada Tahun 1887 dan diberi menjadi Ardwick AFC. Nama tersebut menjadi Manchester City FC pada 1893/94 setelah klub mengalami reorganisasi akibat masalah finansial. Lima tahun setelahnya, City meraih promosi ke Divisi Satu. Gelar pertama klub didapat di kancah Piala FA, setelah City menekuk Bolton Wanderers 1-0, pada 23 April 1904. Sayangnya, segera setelah itu kondisi finansial klub terganggu dan menyebabkan tertahannya status 17 pemain, termasuk kapten Billy Meredith, yang akhirnya memutuskan menyeberang ke Manchester United.

City telah memenangi Liga Inggris sebanyak 3 kali, Piala FA 4 kali, Piala Liga Inggris 2 kali, dan Piala Winners Eropa 1 kali. Periode tersukses klub ini terjadi pada era akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Pada saat itu City di bawah asuhan manager Joe Mercer dengan asistennya Malcolm Allison dan beberapa pemain seperti Colin Bell, Mike Summerbee dan Francis Lee.


Mulai tahun 1980-an City mengalami masa penuh gejolak penurunan yang berpuncak pada degradasi ke tingkat ketiga sistem liga sepak bola Inggris pada tahun 1998 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Pada waktu era Liga Primer Inggris pertama kali dibentuk tahun 1992, City adalah salah satu pendirinya. Tetapi prestasi klub tidak kunjung membaik, bahkan City harus terdegradasi kembali ke tingkat kedua hingga 2 kali, sementara di ajang Piala FA sejak bergulirnya Liga Primer Inggris, prestasi terbaik City hanya sampai pada perempat-final.


Setelah mengakhiri liga di musim 2006-07 pada posisi empatbelas, musim berikutnya prestasi klub mulai merangkak naik. Pertengahan tahun 2007 klub resmi menjadi milik milyarder Thailand yang ambisius, yang juga adalah mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra. Tapi kepemilikan Thaksin tidak berlangsung lama. Karena dituduh kasus korupsi di negeranya, akhirnya pada September 2008 Thaksin menjual kepemilikan klub kepada pengusaha yang juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.


Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan kemudian menghabiskan ratusan jutaan poundsterling untuk membeli pemain kelas atas agar klub menjadi kompetitif. Sukses menyusul pada tahun 2011, Manchester City lolos ke Liga Champions UEFA dan memenangkan Piala FA. Keberhasilan ini mencapai puncaknya dengan menjuarai Liga Premier Inggris 2011-12.


Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Manchester_City_F.C.

Edit By

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar