Senin, 29 Juli 2013

Sejarah Berdirinya FC Barcelona

FC.Barcelona atau juga sering disebut juga barca adalah salah satu klub sepak bola terbesar di dunia, yang bermarkas di kota Barcelona, Katalonia, Spanyol

Biodata 
Nama lengkap  : Barcelona Foot Ball Club
Julukan  : L'quip Blaugrana (tim) dan Blaugranes / Azulgranas (pendukung)
Motto  : El Barca Es Mas Que Un Club ( Barca bukan Hanya sekedal Klub )
Berdiri  : Tanggal 29 November 1899
Stadion  : Nou Camp, Barcelona-Spanyol ( Dengan kapasitas 99.354 tempat duduk )
Alamat  : Avenida Aristides Maillol 8020 Spanyol
Presiden  : Sandro Rosell
Situs Lesmi : http://www.fcbarcelona.com

Klub Barcelona didirikan oleh 12 orang pemain yang berasal dari Swiss, Inggris dan Spanyol di bawah pimpinan Joan Gamper. FC Barcelona memiliki motto "Barca bukan hanya sekedar klub" (El Barça, és més que un club) serta memiliki himne yang berjudul "El Cant del Barca" yang diciptakan oleh Jaume Picas and Josep Maria Espinàs. FC Barcelona Selalu menjaga kemurnian tujuan klub. Mereka tidak mau disamakan dengan klub lain, dan tidak mau tunduk dengan nilai-nilai komersial . oleh sebab ituFC barcelona benar-benar milik dan dioperasikan oleh para suporternya. FC Barcelona merupakan satu-satunya klub di Eropa yang presidennya di pilih langsyng oleh para pendukung/suporternya. Bukan di pilih oleh  dewan, direktur maupun pemegang saham.

Klub ini masuk menjadi peserta Primera Division (Divisi Utama) sejak Tahun 1928, dan bersama-sama Real Madrid dan Athletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda Devision (Divisi Kedua) pada tahun 1930-an jamannya Jnedral Franco merupakan Klub Favorit pemerintah Spanyol, Barcelona juga mempunyai Semboyan yaitu " Boleh Kalah Dengan Klub Lain, Asal tidak Denagn Real Madrid". 

FC Barcelona juga menjadi klub pertama yang menjadi juara di Liga Spanyol. Dengan persembahan 21 gelar Liga Spanyol, 25 gelar Copa Del Rey, 10 gelar Piala Super Spanyol, 4 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA, 4 gelar Piala Super Eropa. FC Barcelona menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol, Eropa dan dunia. Bukti Paling nyata ketika pada tahun 2009 FC Barcelona berhasil menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil meraih gelar Treble ( juara La Liga, Copa De Rey, dan Liga Champions). Dilanjutkan dengan laihan gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan FIFA Club World Cup untuk melengkapi laihan gelarnya menjadi Sextuples.


Referensi : id.Wikipedia.org dan www.goal.com
Edit By




Tidak ada komentar:

Posting Komentar